Sabtu, 10 September 2011


5 Alasan Utama Orang Ingin Pindah Kerja

“Ada alasan tertentu kenapa anda ingin pindah dari perusahaan tempat anda bekerja saat ini?”
Dari sekian banyak alasan, inilah 5 besar alasan utama yang paling sering dilontarkan, mengapa mereka masih ingin pindah kerja meski sudah menduduki jabatan cukup tinggi dan menerima gaji relatif besar di perusahaan tempat mereka bekerja saat ini…
5. Ingin berkantor dengan jarak yang lebih dekat
Saya cukup sering mendengar alasan ini, karena mungkin sebuah kebetulan juga bila rumah kandidat dan kantor klien masih termasuk dalam satu wilayah, atau setidaknya berjarak jauh lebih dekat dibandingkan jarak rumah kandidat dengan kantor mereka saat ini.
4. Ingin mencari suasana baru
Meski sedikit meragukan, tapi alasan ini cukup masuk akal, karena kondisi di perusahaan tempat mereka bekerja saat ini bisa jadi sudah tidak kondusif lagi untuk perkembangan karir mereka. Office politics yang makin meruncing sering dijadikan sebagai salah satu alasan mengapa orang ingin mencari suasana baru dan berkeinginan pindah kerja ke perusahaan lain.
3. Ingin mencari tantangan baru
Alasan ini sangat bisa dimengerti. Saya pribadi melihat kecenderungan para kandidat yang senang mencari tantangan baru adalah kandidat yang dinamis dan memiliki banyak ide-ide segar, yang mungkin tidak bisa secara optimal tereksploitasi dengan leluasa di perusahaan tempat mereka bekerja saat ini.
2. Ingin menapaki jenjang karir yang lebih baik
Alasan ini sangat sering terdengar, terutama bila saya menawarkan posisi yang lebih tinggi di perusahaan klien pada seorang kandidat. Katakanlah saya menawarkan posisi level manajer pada seorang senior officer yang sudah berpengalaman bertahun-tahun di posisi yang sama, rasanya wajar sekali mendengar alasan ini sebagai motivasi mereka untuk pindah kerja.
1. Ingin mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi
Tidak bisa dipungkiri, meski jarang terlontar secara eksplisit, tapi inilah alasan utama mengapa orang ingin (atau minimal tertarik) untuk pindah kerja ke tempat lain. Meski mereka memiliki 4 alasan yang telah disebutkan sebelumnya, tapi bila satu hal ini tidak sesuai dengan ekspektasi, biasanya yang sering terjadi kandidat akan berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk memasuki tahapan rekrutmen selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar